Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize yang Perlu Kamu Ketahui

Toyota Raize bisa saja menjadi primadona para pecinta otomotif khususnya mobil SUV dengan harga dua ratus jutaan. Akan tetapi, bagi masyarakat umum yang belum mengetahui secara lengkap tentang mobil ini, lebih baik mengetahui dulu terkait kelebihan dan juga kekurangan dari mobil Raize.

Harga Raize dipatok pada kisaran harga Rp219,9 juta sampai dengan Rp265,9 juta. Dan harga tersebut adalah harga promo yang mendapatkan diskon dari PPnBM yang saat ini diberlakukan sampai Agustus 2021.

Untuk mendapatkannya, kamu juga bisa menggunakan metode kredit Raize yang di setiap dealer memiliki perbedaan. Sebelum menyetujuinya, lebih baik perhatikan dulu simulasi cicilan yang akan diberikan.

Namun dari kesemuanya, yang paling penting adalah kamu mengetahui lebih dulu tentang kelebihan dan kekurangan dari mobil satu ini.

Kelebihan Toyota Raize

Sebelum dijelaskan mengenai kelebihan dari Toyota Raize, perlu diingat bahwa kelebihan ini mengacu pada varian terbaik atau tertinggi dari Raize yakni 1.0T GR CVT TSS Two Tone lantaran lengkapnya fitur yang diberikan.

  1. Fitur Keselamatan yang Canggih

Sebelum Raize ini dirilis, sudah banyak yang memperbincangkan tentang fitur keselamatan yang sangat canggih karena akan dilengkapi dengan TSS atau Toyota Safety Sense.

Intinya, kamu sebagai pengendara bisa mengemudi atau mengendarai mobil ini lebih aman dengan memanfaatkan segala fitur yang ada di dalam TSS. Fitur TSS memberikan beberapa fitur seperti Pedal Misoperation Control, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Alert with Steering Control, dan lain-lain.

Setiap fitur yang ada dalam TSS, memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya saja, untuk lane departure alert. Fitur ini memungkinkan kamu mendapatkan indikator atau peringatan saat mobil yang kamu kendarai keluar dari jalur, bahkan nantinya akan mengubah arah kemudi jika memang membahayakan.

Jadi, kamu bisa merasa aman saat mengendarai mobil Raize ini.

  1. Memiliki Adaptive Cruise Control

Walaupun Raize ini diberikan TSS, tapi adanya adaptive cruise control pantas untuk dibahas lebih lanjut.

Sebab, untuk harga Raize yang berada di bawah kisaran 300 jutaan, mobil ini bisa menjadi pionir dalam penggunaan cruise control. Saingannya saja Nissan Magnite dan Kia Sonet, hanya menggunakan cruise control. Raize, dengan harga tersebut, sudah menambahkan fitur adaptive dalam cruise control yang digunakan.

Fungsi ini bisa melakukan pembacaan terhadap adanya kendaraan di depanmu dan bisa mengatur jarak aman dengan sendirinya. Adaptive Cruise Control yang ada dalam Raize ini bisa bekerja jika sudah berada dalam kecepatan 30 km/jam.

Yang perlu kamu ketahui adalah fitur ini tidak bisa bekerja jika lalu lintas sedang padat dan juga jika cuaca sedang berkabut.

Itu adalah beberapa kelebihan dari Toyota Raize, untuk kekurangannya, akan dibahas di kesempatan yang berbeda.

Kekurangan Toyota Raize

Sekarang masuk pada pembahasan mengenai kekurangan dari Toyota Raize. Berikut ini beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui.

  1. Harga Raize Cukup Tinggi

Walaupun ada banyak kelebihan yang ditawarkan, harga dari mobil ini juga belum bisa dikategorikan murah. Memang, kamu masih bisa membelinya dengan kredit Raize di dealer langganan kamu.

Harga mobil Raize masih dikategorikan tinggi walaupun sudah mendapatkan diskon PPnBM sebesar 100%. Kamu bisa mendapatkan Raize dalam harga Rp219,9 juta sampai dengan Rp265,9 juta.

  1. Tenaga Mesin

Toyota Raize memiliki kapasitas mesin 998 CC dengan 3-silinder yang mendapatkan tambahan mesin turbo. Dengan kapasitas mesin tersebut, tenaga tertinggi yang bisa dihasilkan adalah 96,6 HP dan juga torsi sebesar 140,2 Nm.

Dengan kemampuan tersebut, masih belum bisa dikatakan bahwa output yang dihasilkan olehnya masuk dalam kategori superior atau masih belum bisa dikatakan istimewa.

Untuk perbandingan saja, pesaingnya Nissan Magnite yang sama persis menggunakan mesin 998 CC dan 3-silinder plus mesin turbo, tenaga tertinggi yang bisa dicapainya adalah sekitar 98,6 HP dan juga torsinya bisa mencapai angka 152 Nm.

Tak hanya dari sisi lebih besarnya angka, tenaga puncak dari mesin Nissan tersebut juga bisa dicapai saat putaran mesin yang rendah, sekitar 5.000 rpm. Namun, tenaga tertinggi dari mesin Raize baru bisa dicapai saat putaran mesin 6.000 rpm.

  1. Tangki Bensin Kecil

Kapasitas tangki yang dimiliki oleh Toyota Raize tergolong kecil. Berdasarkan beberapa data, kapasitas tangki yang dimiliki adalah 36 liter. Hal ini jauh dari pesaingnya yang memiliki kapasitas tangi sebesar 50 liter.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu dapatkan jika membeli mobil ini. Namun jika kamu memang sangat menginginkannya, silakan mempertimbangkan beberapa hal tersebut.

Untuk mendapatkan mobil ini kamu bisa memilih metode pembayaran. Bisa dengan membayar cash atau melakukan kredit Raize dengan simulasi cicilan sesuai dengan yang ditetapkan oleh dealer tempat kamu membelinya.